Ads 468x60px

Labels

aneh (22) Cinta (8) elektro (21) hobby (1) info (76) keren (35) kesehatan (17) Khusus (6) komik (6) Luar angkasa (6) lucu (5) menarik (49) misteri (7) OTOMOTIF (5) sejarah (4) serem (8) unik (9) wawasan (26)

Featured Posts Coolbthemes

20 Des 2009

Home » , » TeleSkop Matahari TerBaru

TeleSkop Matahari TerBaru


Teleskop
Teleskop Matahari (Solar Telescope) dijadwalkan akan diluncurkan / diresmikan di musim dingin ini (Antara Desember – Januari) yang akan menyelidiki atmosfer matahari dan yang bekerja didalam matahari untuk membantu para ilmuan agar lebih memahami tentang badai matahari yang akan terjadi tahun 2012 s/d 2014.


Misi yang telah dikerjakan selama lima tahun, orbit bumi Solar Dynamics Observatory (SDO) berusaha mengun
gkapkan bagaimana medan magnet matahari bekerja, apa yang mengatur naik turunnya siklus matahari dan bagaimana aktivitas matahari mempengaruhi Bumi.


“Matahari adalah sebuah bintang variable magnet yang berfluktuasi pada skala waktu mulai dari sepersekian detik untuk ribuan bahkan miliaran tahun” Ungkap Madhulika Guhathakurta, pemimpin Ilmuan Living with a Star program (Bagian dari SDO) di NASA Washington, DC. SDO akan menunjukan kepada kita bagaimana variabel matahari dan mengungkapkan kebenaran fisika dasar variabilitas matahari.


Tracing Medan Magnet


SDO akan mengukur dan mengamati medan magnet matahari dan semua aktivitas matahari. Aliran panas, gas terionisasi di zona konveksi matahari (wilayah dimana gas panas bidang energi matahari dan transportasi naik ke permukaan).


Observatorium akan melihat ladang pada permukaan matahari dan menggunakan pengukuran untuk menyimpulkan dengan tepat dimana berasal medan didalam matahari dan dimana mereka dinyatakan sebagai daerah aktif, seperti bintik matahari dan mahkota loop, kemana mereka mengeluarkan partikel ke luar angkasa sebagai massa koronal ejections dan solar flare (keduanya dapat mempengaruhi fungsi satelit dan electrical grids di Bumi)


Tujuannya yaitu agar lebuh memahami bagaimana medan magnet matahari dihasilkan dan bagaimana dampak energi radiasi matahari yang pada gilirannya akan mempengaruhi seluruh tata surya.


Pasang Surut


SDI juga akan mengikuti / mengamati perubahan dalam aktivitas matahari yang dikenal  raise and fall pada kira-kira 11 tahun siklus. Sebuah siklus matahari berada pada posisi maksimum ketika jumlah terbesar sunspots dihitung dalam setahun sedangkan dalam posisi minimum terjadi ketika paling sedikit terlihat. Kedua tanda ini hanya dapat diakui setelah mereka telah berlalu.


Tentu saja, siklus matahari tida selalu 11 tahun itu saja. Antara 1645 dan 1715, misalnya, sunspots jarang diamati – periode yang disebut Minimum Mounder – dan Eropa dan Amerika utara keduanya mengalami msim dingin sehingga dikenal dengan “Little Ice Age”. (Matahari saat ini sedang mereda, dan posisi maksimum diperkirakan terjadi pada tahun 2013).


Alat untuk pekerjaan


Untuk membuat / menjalankan semua observas ini, SDO menggunakan 3 instrumen ilmu :
  1. The Helioseismic and Magnetic Imager (HMI) yang akan mengintip ke matahari dan peta permukaan medan magnet matahari, serta aliran plasma yang menghasilkan medan magnet.
  2. The Atmospheric Imaging Majelis (AIA) yang akan menggambar suasana matahari dalam beberapa gelombang yang tidak dapat dilihat dari tanah. HMI dan AIA akan bersama-sama bekerja pada permukaan matahari interior.
  3. Variablelity the Extreme Ultraviolet Experiment (EVE) yang akan mengukur berapa bayak memancarkan energi matahari pada panjang gelombang ultraviolet ekstrim, yang hanya dapat diamati dari luar angkkasa karena mereka benar-benar terhalang oleh atmosfir Bumi.


SDO akan melihat matahari hampir 24 jam sehari seperti yang mengorbit bumi dalam 8 jalur. Pesawat akan mengambil gambar matahari setiap beberapa detik dengan kualitas visual film IMAX.
Share this games :

0 komentar:

Posting Komentar